Komunikasi, informasi, dan Edukasi kesehatan (KIE kesehatan)

  •     Tidak ada jalan lain untuk mensukseskan kesehatan masyarakat kecuali memanfaatkan jasa        komunikasi (the healthy people 2010 information)
  •    Dasar hukum

«  UU nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan:
«Pasal 168 :
 Ayat (1) Untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang efektif dan efisien diperlukan informasi kesehatan
Ayat (2) Informasi kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui sistem informasi dan melalui lintas sektor.
«  PP No 46 Tahun 2014 ttg SIK
«UU 36/2009 ttg Kesehatan, Pasal 168:
   (1)  Untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang efektif dan efisien diperlukan                    informasi kesehatan.
   (2)  Informasi kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui sistem            informasi dan melalui lintas sektor.
   (3)  Ketentuan lebih lanjut mengenai sistem informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2)     diatur dengan Peraturan Pemerintah.
  •     Road map 2015-2019.

  Melanjutkan, mempertahankan / memelihara dan menyempurnakan pengintegrasian dan penguatan SIK yang mampu menyediakan data yang berkualitas dengan merujuk pada kebijakan kesehatan yang berlaku
VISI : Terwujudnya Sistem Informasi Kesehatan terintegrasi pada tahun 2014 yang mampu  mendukung proses pembangunan kesehatan dalam menuju masyarakat sehat yang mandiri dan     berkeadilan
2011-2012 : pembangunan, pembenahan, pengembangan, dan penguatan
2013 : melanjutkan pembenahan, pengembangan,  penguatan dan pemeliharaan
2014 : melanjutkan pembenahan, pengembangan, penguatan dan melanjutkan pemeliharaan
2015-2019 : melanjutkan pembenahan, pengembangan, penguatan, dan melanjutkan pemeliharaan
  •      Komunikasi

Suatu proses pertukaran informasi secara dua arah antara dua orang atau lebih yang dapat dilakukan melalui verbal maupun non verbal (simbol,  tanda, atau perilaku lainnya). 
  •              Komponen komunikasi

1.      SENDER :orang yang mengirimkan pesan
2.      RECEIVER : orang yang menerima pesan
3.      PESAN : informasi yang diterima, bisa berupa kata, ide, atau perasaan
4.      MEDIA : metode yang digunakan dalam pesan
5.      UMPAN BALIK : informasi/pesan kembali dari penerima pesan kepada pengirim pesan) 
  •              Bentuk komunikasi

1.      KOMUNIKASI MASSA : penyampaian pesan kepada orang banyak atau masyarakat
2.      KOMUNIKASI INTRA PERSONAL : terjadi dalam diri seseorang, berbicara dalam hati
3.      KOMUNIKASI INTERPERSONAL : interaksi satu orang ke orang lain
  •              Sistem informasi kesehatan

Suatu kombinasi elemen-elemen yang bertujuan menghasilkan data dan penyebaran informasi untuk digunakan oleh pelayanan kesehatan di semua tingkat pelaksanaan dan di sektor-sektor pengembangan yang lain.
Sistem sensorik tubuh (stimulus)  : Dipikirkan, disimpan (ingatan),  respon
Suatu tatanan (rangkaian)  bagian atau kegiatan yang saling terkait yang menghimpun berbagai macam data dan mentransformasikannya menjadi informasi kesehatan.

  •   Komunikasi, informasi & edukasi (KIE)

  1.     Komunikasi : proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mendapatkan tanggapan
  2.      Informasi : penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk diketahui dan dimanfaatkan seperlunya
  3.    Edukasi : suatu kegiatan yang mendorong terjadinya perubahan pengetahuan, sikap,perilaku, dan keterampilan masyarakat

  • Tujuan KIE :
          Mengubah sikap, kepercayaan, nilai-nilai dan perilaku individu atau kelompok

  • KIE kesehatan
studi yang menekankan peranan komunikasi dalam penelitian dan praktek yang berkaitan dengan promosi kesehatan dan pemeliharaan kesehatan.Proses menyebarluaskan pesan kesehatan yang bertujuan untuk mempengaruhi pengetahuan, sikap dan keyakinan masyarakat. Harus melibatkan partisipasi aktif dari target audiens dan menggunakan metode maupun teknik yang familiar bagi audiens. Merupakan alat yang penting dalam promosi kesehatan. Salah satu keutamaan pesan atau informasi kesehatan adalah persuasif. Pesan harus dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mempengarruhi orang lain agar dapat mengetahui informasi dan memutuskan untuk menerima/menolak produk yang disebarluaskan oleh sumber informasi.
            KIE kesehatan meliputi informasi tentang :
1.      Perilaku hidup bersih dan sehat
2.      Kesehatan lingkungan dan kerja
3.      Kesehatan ibu dan anak
4.      Perbaikan gizi masyarakat
5.      Pencegahan penyakit menular dan tidak menular
6.      Upaya promosi kesehatan
7.      Sosialisasi kebijakan kesehatan, dll
  • Media komunikasi adalah saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan kepada sasaran. Media promosi kesehatan yang baik yaitu media yang mampu memberikan informasi atau pesan-pesan kesehatan yang sesuai dengan tingkat penerimaan. Dasar pemilihan media promosi kesehatan :
1.      Didasarkan pada selera khalayak sasaran, bukan pada selera pengelola program/ pengambil keputusan.
2.      Harus memberi dampak yang luas/menjangkau khalayak sasaran dengan tingkan frekuensi, efektivitas, dan kredibilitas yang tinggi
3.      Disampaikan secara menarik dengan frekuensi yang sering.
4.      Dilakukan secara serempak dan terpadu sehingga akan meningkatkan cakupan, frekuensi dan efektivitas pesan-pesan komunikasi
Manfaat media :
1.      Menimbulkan minat secara pendidikan
2.      Mencapai sasaran yang lebih banyak
3.      Merangsang sasaran untuk meneruskan pesan yang diterima kepada orang lain
4.      Mempermudah penyampaian informasi
5.      Mempermudah penerimaan informasi
Tujuan penggunaan media :
1.      Sebagai alat bantu dalam pendidikan/latihan/penyuluhan
2.      Untuk menimbulkan perhatian terhadap suatu masalah
3.      Untuk mengingatkan suatu pesan/informasi
4.      Untuk menjelaskan fakta-fakta, prosedur, tindakan
Media promosi kesehatan :
a.       Media cetak
1.      Booklet : dalam bentuk buku, baik berupa tulisan maupun gambar
2.      Leaflet/brosur : berupa lembaran yang dilipat
3.      Flipchart : dalam bentuk lembar balik
4.      Poster : berisi pesan/ informasi kesehatan yang ditempel di kendaraan, papan pengumuman, dll.
5.      Foto
6.      Rubrik/tulisan pada surat kabar/majalah
b.      Media elektronik
1.      Televise : dalam bentuk sandiwara/sinetron, forum diskusi, ceramah, kuis,iklan,dll
2.      Radio
3.      Video
4.      Slide
5.      OHP
6.      LCD
7.      Internet
c.       Media papan
Billboard yang dipasang ditempat-tempat umum yang berisi pesan atau informasi kesehatan. Dapat pula dipasang pada kendaraan seperti bus atau taksi.

Disusun oleh:
Kelompok 2

1.      Nadila Imania Awanda                 (2130018010)
2.      Ula Mir’aatunnas Pratiwi             (2130018011)
3.      Ratu Sylvia Salsabillah A.P         (2130018012)
4.      Cynthia Qori Alfiyah                   (2130018013)
5.      Vivi Iftitah Illaeni                        (2130018014)
6.      Firda Rahayu Kusumawati          (2130018015)
7.      Mimin Indriani Mulia                  (2130018016)
8.      Noer Fatonah                               (2130018017)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Kesehatan Masyarakat